Redaksi website Askrida, saya ingin mengajukan pertanyaan terkait dengan asuransi Liability untuk event yang diadakan oleh sebuah Event Organiser (EO)

23 Aug 2016, 09:04

Jika sebuah EO mempunyai project selama setahun untuk mengadakan acara di satu tempat misalnya di Galeri Nasional Indonesia, dengan asumsi +10 event/tahun ingin mengasuransikan acara dan pengunjung yang datang, apa saja luas jaminan yang akan di dapat, bagaimana perhitungan preminya, dan bagaimana jika dari 10 acara tersebut hanya bisa terlaksana 7 event?

Jawab :

Sebelumnya kami ucapkan terima kasih atas pertanyaan Saudara. Karena ada beberapa, ada baiknya kami jawab per bagian :

1. Apa saja asuransi yang dapat ditawarkan kepada EO dan bagi pengunjung kegiatan?

Cukup banyak produk asuransi kerugian yang bisa ditawarkan. Bergantung kebutuhan EO. Mulai dari asuransi Property All Risk (PAR) terhadap content dan property kegiatan, Asuransi Kendaraan Bermotor (KB), Asuransi Kecelakaan Diri (KD) bagi penyelenggara/EO hingga Public Liability (PL) bagi pengunjung. EO dapat mendeskripsikan kebutuhan-kebutuhan dimaksud, agar pihak asuransi dapat memadankannya dengan jenis asuransi yang bersesuaian.

2. Apa saja luas jaminan yang dapat diberikan dan perhitungan preminya?

Secara singkat, luas jaminan masing-masing jenis asuransi dapat dijelaskan sebagai berikut :

  • Asuransi PAR : menjamin property EO dari bahaya kebakaran, kebongkaran, banjir, dan lain-lain di dalam alamat pertanggungan. 
  • Asuransi KB : memberikan perlindungan dari bahaya tertabrak, tergelincir, terperosok, terbakar dan lain-lain di seluruh Indonesia. 
  • Asuransi KD : memberi perlindungan dari risiko kematian/cacad tetap akibat kecelakaan, di seluruh dunia. 
  • Asuransi PL : memberi perlindungan bagi tanggung jawab hukum EO atas kecelakaan diri dan atau kerusakan property para pengunjung.

Terkait perhitungan premi, karena bergantung pada pilihan luas jaminan, estimasi jumlah pengunjung dan harga pertanggungan yang diinginkan. Kami akan lebih akurat mendeskripsikan jika telah kami terima input yang lebih detil. Jika berkenan, Saudara dapat meninggalkan nomor kontak untuk kami hubungi.

3. Bagaimana jika dari 10 acara yang rencananya dipertanggungkan dalam satu tahun, hanya terwujud 7 event?

Asuransi akan melakukan adjusment di akhir pertanggungan, dari skema yang mula-mula diperkirakan. Dalam contoh di atas, asuransi akan mengembalikan kelebihan pembayaran premi atas pertanggungan yang tidak jadi dipertanggungkan (sisa 3 event).

Tulis Komentar

Komentar