Regulator asuransi se-ASEAN kumpul di Yogyakarta

29 Nov 2016, 10:31

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menjadi penyelenggara sekaligus pimpinan pertemuan ASEAN Insurance Regulators Meeting ke-19 dan ASEAN Insurance Council Meeting ke-42. Pertemuan regulator dan asosiasi asuransi ini diadakan di Hotel Ambarukmo, Yogyakarta pada 21-25 November 2016.

Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (OJK), Firdaus Djaelani mengatakan pertemuan ini menjadi wadah untuk saling bertukar pikiran dan informasi dalam rangka pengembangan dan penguatan pengawasan industri asuransi di kawasan ASEAN.

"Kita bertukar pikiran dengan 10 negara ASEAN mengenai perkembangan asuransi di negara masing masing, regulasi apa, kita terapkan prinsip internasional karena perkembangan masing-masing ASEAN tidak sama," ucap Firdaus dalam membuka acara.

Acara pertemuan ini dibuka langsung oleh Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Haddad dan dihadiri 54 perwakilan regulator asuransi di ASEAN termasuk perwakilan dari ASEAN Secretariat dan 80 perwakilan dari perusahaan asuransi di ASEAN.

"Ada negara ASEAN berkembang lebih cepat dan mereka membimbing. Semua tidak sama perkembangannya. Ada yang sudah maju dan belum tapi ini tidak masalah," kata Firdaus.

Dalam pertemuan ini, juga akan dibahas mengenai peluang kerja sama pelaku pasar asuransi ASEAN. Kerja sama bisa saja mengenai asuransi dan re-asuransi ASEAN karana ada beberapa asuransi risiko besar yang tidak bisa diterima perusahaan, seperti asuransi satelit.

"Objek tanggungan besar dan daya serap risiko kita tawarkan ke ASEAN lainnya," tutup Firdaus.

askrida | Sumber : www.merdeka.com/uang/regulator-asuransi-se-asean-kumpul-di-yogyakarta