Rencana OJK: Asuransi Hingga Reksa Dana Masuk ke Pedesaan

22 Jan 2016, 06:50

Jakarta -Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus melakukan upaya peningkatan literasi dan akses masyarakat menjangkau produk keuangan Layanan Jasa Keuangan (LJK). Salah satunya dengan program layanan keuangan mikro terpadu alias Laku Mikro.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad mengatakan, berbeda dengan Laku Pandai yang merupakan kepanjangan tangan perbankan di pedesaan dan lebih mengutamakan produk simpanan, Laku Mikro bisa menjadi agen penjualan asuransi hingga produk investasi keuangan.

"Laku Mikro adalah layanan terpadu produk tabungan, investasi, dan asuransi dengan harga terjangkau, serta dapat diakses secara cepat dan mudah oleh masyarakat, termasuk layanan konsultasi produk pada suatu LJK," jelas Muliaman, dalam Buku Panduan OJK yang dikutip detikFinance, Rabu (20/1/2016).

Bahkan, sambungnya, layanan Laku Mikro akan diperluas menjadi agen penjualan produk-produk investasi di pasar modal. "Ke depan akan diperluas dengan produk pasar modal berupa pemasaran reksa dana," kata Muliaman.

Sebagaimana Laku Pandai, menurut Muliaman, Laku Mikro juga bakal memanfaatkan infrastruktur tekhnologi informasi. Baik yang berbasis online maupun website. 

OJK juga akan menerbitkan peraturan terkait pengembangan proses transaksi, distribusi produk, dan pelaporan produk keuangan secara elektronik.

(dnl/dnl) 

Sumber: http://finance.detik.com/read/2016/01/20/075756/3122372/5/rencana-ojk-asuransi-hingga-reksa-dana-masuk-ke-pedesaan