Ribuan Nelayan Lebak Terima Asuransi Dari KKP

25 May 2016, 13:09

Sebanyak 3.000 nelayan di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten, menerima kartu asuransi kecelakaan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia. "Pemberian kartu asuransi itu untuk melindungi para nelayan yang mengalami kecelakaan laut agar kehidupan keluarga mereka sejahtera," kata Kepala Bidang Kelautan Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lebak Winda Triana di Lebak, Selasa (24/05/2016).

Nelayan Kabupaten Lebak cukup mendambakan pemberian asuransi, sehingga dapat terlindungi jika sewaktu-waktu mengalami kecelakaan laut. Apalagi, Perairan Banten selatan yang berhadapan langsung dengan Perairan Samudera Hindia terkenal gelombang tinggi dan tiupan angin. Cuaca seperti itu, kata dia, tentu berpotensi terjadi kecelakaan laut. Karena itu, KKP memberikan bantuan asuransi kecelakaan terhadap 3.000 nelayan yang tersebar di 10 unit tempat pelelangan ikan (TPI). "Kami menargetkan seluruh nelayan Lebak pada 2017 sudah memiliki kartu asuransi kecelakaan," katanya.

Menurut dia, pihaknya terus melakukan pendataan agar seluruh nelayan Lebak memiliki kartu asuransi.
Pemerintah daerah mendorong nelayan wajib mengantongi kartu asuransi untuk mendukung peningkatan kesejahteraan. "Kami mencatat 600 nelayan lagi yang belum memiliki kartu asuransi dan diharapkan tahun depan sudah diterimanya," ujarnya. Ia mengatakan, pihaknya juga melakukan pembuatan kartu nelayan dengan mengoperasikan kendaraan mobil pintar sehingga para nelayan tidak perlu pergi ke Rangkasbitung yang jaraknya mencapai 150 kilometer.

Apabila mengurus pembuatan kartu nelayan ke Rangkasbitung akan menghabiskan dana sekitar Rp350 ribu.
Pembuatan kartu nelayan melalui mobil pintar gratis tanpa dipungut bayaran. Mobil pintar nelayan juga dilengkapi peralatan komputer sehingga dapat dilakukan secara daring (online). "Kami menyediakan pelayanan mobil nelayan pintar itu secara keliling ke wilayah pesisir selatan yang warganya banyak berprofesi sebagai nelayan," katanya.

Sejumlah nelayan di TPI Binuangen Kecamatan Wanasalam Kabupaten Lebak mengaku merasa lega setelah menerima kartu asuransi dari KKP untuk perlindungan dari kecelakaan sebab saat ini nelayan jika terkena musibah kecelakaan laut akibat cuaca buruk ditanggung biaya oleh keluarga. "Kami berharap asuransi itu dapat melindungi nelayan," kata Ujang, seorang nelayan di TPI Bayah, Kabupaten Lebak.

Askrida | Sumber : http://nasional.rimanews.com/peristiwa/read/20160524/282347/Ribuan-Nelayan-Lebak-Terima-Asuransi-Dari-KKP