Sadar Finansial Perlu Sejak Dini

21 Jul 2016, 08:49

Sekolah adalah salah satu lingkungan yang paling berpengaruh terhadap perkembangan seorang anak. Di sekolah, seorang anak tak hanya mendapatkan ilmu secara akademik, tapi juga membentuk perilaku dan pola pikir yang akan dimiliki hingga dewasa kelak. Inilah salah satu pentingnya memilih sekolah yang tepat dan berkualitas bagi setiap anak. Sekolah yang tepat tak hanya dilihat dari kurikulum yang dijalankan, tapi juga kualitas guru mengingat para pendidik memiliki peran penting terhadap banyak hal dalam diri seorang  murid.

Disebutkan, tata kelola keuangan merupakan salah satu fondasi utama seseorang untuk mencapai tujuan hidup dan memperkuat ekonomi. Terlepas dari pentingnya membicarakan tentang keuangan pada anak, hasil penelitian dari National CPA Financial Literacy Commission menyimpulkan bahwa sebanyak 30 persen orang tua mengaku  tidak pernah atau jarang membicarakan perihal uang bersama anak-anaknya.

Sementara di Indonesia, melek finansial seperti nyaris tak terdengar. Pengetahuan keuangan seolah menjadi hak eksklusif seorang yang berprofesi di bidang keuangan. Hal ini disokong oleh kenyataan bahwa sejak kecil, kita tidak dibekali dengan pemahaman finansial yang cukup tentang bagaimana mengelola, menghasilkan, dan membelanjakan uang, investasi, menabung, dan asuransi.

Salah satu edukasi sesuai umur adalah menanamkan sadar finansial kepada murid. Sebagai contoh, seorang guru membuat tabungan Rp 10 ribu tiap pekannya. Dengan menyisihkan uang jajan setiap pekan tersebut, tanpa terasa dalam hitungan tiga bulan saja, sang murid sudah bisa membeli keperluan pribadinya dari tabungannya.

askrida | Sumber : www.republika.co.id