Saya adalah seorang karyawan perusahaan cargo. Sebenarnya Saya bagian keuangannya, tapi sering juga mengantar sendiri barang ke tempat-tempat tujuan. Dalam satu bulan bisa enam kali. Perusahaan kami belum memberi fasilitas asuransi buat karyawannya, karena itu Saya berniat mencari sendiri. Kira-kira berapa biayanya? Tapi jangan mahal-mahal.

28 Apr 2016, 09:38

Terimakasih atas email Bapak yang singkat, namun lugas ini. Kami seperti bisa merasakan apa yang Bapak rasakan saat ini. Dan kami  bahagia menjadi sahabat yang Bapak pilih, untuk menyampaikan apa yang Bapak khawatirkan itu. Kami siap membantu.

Pertama, untuk melindungi diri Bapak selama bekerja (termasuk saat dalam pekerjaan lapangan), kami tawarkan produk asuransi kecelakaan diri. Luas jaminannya dapat Bapak sesuaikan dengan kebutuhan, dengan pilihan sebagai berikut :

  1. Risiko Kematian akibat kecelakaan
  2. Risiko Cacad Tetap akibat kecelakaan, dan
  3. Biaya Pengobatan akibat kecelakaan.

Nilai pertanggungan untuk masing-masing luas jaminan di atas, dapat Bapak tentukan sendiri. Karena berlaku sebagai faktor pengali rate, semakin besar nilai pertanggungan yang Bapak pilih, akan semakin besar nilai premi.

Kami pun membedakan jenis pekerjaan tertanggung, untuk memisahkan antara pekerjaan yang secara normatif memiliki risiko fisik tinggi, dari pekerjaan yang secara normatif memiliki risiko yang tidak terlalu tinggi. Ini dimaksudkan agar nasabah tidak dibebankan premi melebihi tingkat risikonya.

Sebagai gambaran Bapak, kami sampaikan kisaran premi berikut, yang berlaku di pasaran asuransi kerugian :

No. Luas Jaminan Nilai Pertanggungan (Rp) Kisaran Premi (Rp)
1 Kematian 100.000.000,- 150.000,-
2 Cacat Tetap 100.000.000,- 150.000,-
3 Biaya Pengobatan 10.000.000,- 200.000,-
Jumlah 500.000,-

Terkait gambaran premi di atas, kami tambahkan hal-hal yang dapat meringankan Bapak.

  1. Luas Jaminan yang dipilih berkorelasi dengan premi yang dibebankan. Jika Bapak hanya memilih risiko nomor 1, maka premi yang dibebankan hanya Rp. 150.000 saja.
  2. Premi dalam simulasi adalah premi satu tahun. Dengan demikian, jika Bapak membayar Rp 500.000 dalam satu tahun, itu berarti, dalam satu hari, Bapak hanya dibebankan premi tidak sampai Rp 1.400,-.
  3. Gambaran Premi di atas, adalah gambaran premi yang berlaku di pasar. Premi yang akan dibebankan ASKRIDA, ditentukan spesifik berdasarkan analisa risiko  per nasabah. Untuk ini, Bagian Pemasaran kami akan menjelaskan lebih rinci. (Jika Bapak berkenan, dapat meninggalkan nomor telepon untuk segera kami hubungi).
  4. Untuk Kategori Tertanggung, sengaja kami dekati kepada asumsi orang-orang yang bekerja di lapangan. Sedangkan sesuai  informasi, Bapak hanya kadang-kadang saja melakukan pekerjaan di luar kantor. Hal ini membuka peluang penurunan premi.
  5. Jangka waktu pertanggungan adalah satu tahun. Artinya, perlindungan kecelakaan diri akan selalu aktif, 24 jam sehari selama satu tahun penuh, di seluruh dunia. Untuk melindungi Bapak selama beraktifitas, tidak hanya di kantor (atau selama menjalankan tugas dinas), tapi juga dalam aktifitas-aktifitas pribadi.

Demikian jawaban kami, semoga cukup memberi pertimbangan kepada Bapak.

Tulis Komentar

Komentar