Saya seorang karyawan. Secara pribadi saya telah mengikuti program asuransi perawatan rumah sakit di salah satu perusahaan asuransi. Syukurnya, perusahaan saya juga mengikutsertakan karyawan-karyawannya pada program asuransi kesehatan yang sejenis dengan program asuransi perawatan rumah sakit yang telah saya ikuti itu. Yang jadi pertanyaan adalah; apakah saya bisa mendapatkan penggantian dari kedua pertanggungan tersebut?

21 Aug 2015, 16:02

Jawab : Izinkan terlebih dahulu kami menyampaikan bahwa anda termasuk salah seorang yang beruntung. Beruntung karena anda begitu menghargai kesehatan, dan beruntung karena perusahaan anda pun menaruh perhatian yang besar pada kesehatan karyawannya. Anda juga telah mengingatkan kami untuk juga merasa bersyukur atas program kesehatan yang telah diberikan oleh perusahaan kami (ASKRIDA) kepada karyawannya. Perusahaan kami sendiri juga tercatat sebagai salah satu penjual produk asuransi kesehatan itu (Asuransi Shifa (berbasis syariah)).

--------------------------

Yang perlu kita ingat adalah bahwa asuransi - pada prinsipnya - hanya akan mengganti kerugian finansial yang benar-benar anda derita. Anda dapat menghitungnya dari akumulasi pembayaran (misal; kuitansi) atas jasa, obat dll. yang anda keluarkan. Dan bukti-bukti atas pembayaran itu (misalnya kuitansi dll.) akan turut dimintakan sebagai dasar penyelesaian/pembayaran klaim asuransi bersama dengan persyaratan klaim lainnya. Sejauh yang kami amati dalam praktik penyelesaian klaim, bukti-bukti terkait perhitungan nilai biaya pengobatan (jasa, obat-obatan dll.) akan dimintakan dokumen aslinya, yang dengan cara ini kita harus memilih salah satu perusahaan asuransi saja untuk menyelesaikan klaim terkait bukti dimaksud. Lebih jauh, kami sarankan agar Anda mencermati pasal-pasal dalam dua pertanggungan sejenis yang anda miliki itu. Anda dapat bertanya kepada perusahaan asuransi anda dan kepada perusahaan anda tentang batas luas jaminan pertanggungan dan masing-masing limit pertanggungan kesehatan itu. Jika anda diberikan wording (naskah) polis kedua pertanggungan dimaksud, anda dapat pelajari sendiri, berkonsultasi kepada agen perusahaan asuransi anda atau orang terdekat yang memahami perjanjian asuransi, atau dapat berkonsultasi lebih lanjut kepada kami. Terdapat kombinasi yang perlu anda pertimbangkan terkait luas jaminan dan limit dua pertanggungan/polis sejenis atas satu objek pertanggungan. Beberapa di antaranya;

1. Luas jaminan dan limit keduanya sama. Anda hanya dapat meng-klaim salah satu polis saja untuk nilai penuh, atau keduanya sebagian-sebagian.

2. Luas jaminan salah satu polis lebih besar dari yang lain sedangkan limit keduanya sama. Anda dapat melakukan klaim untuk luas jaminan yang sama pada polis yang satu, dan melakukan klaim untuk luas jaminan lainnya pada polis yang lebih luas.

3. Limit pertanggungan salah satu polis lebih besar dari yang lain, sedangkan luas jaminannya sama. Anda dapat memanfaatkan pertanggungan dengan limit lebih tinggi untuk mendapatkan pertanggungan maksimal atas klaim dengan nilai tinggi. Masih terdapat kombinasi yang lain, misalnya salah satu pertanggungan baru dapat bekerja setelah pertanggungan yang lain bekerja. Dalam hal ini berarti Anda harus menggunakan pertanggungan yang satu terlebih dahulu sampai dengan batas limit yang dimilikinya, sebelum anda dapat menuntut penggantian dari pertanggungan lain.

Semoga penjelasan kami dapat membantu Anda.

Tulis Komentar

Komentar