Selamat bertugas Tim Redaksi

25 Jul 2016, 10:04

Saya seorang pengusaha jasa cargo. Kami biasa berurusan dengan jasa asuransi, untuk memberikan pelayanan yang baik pada konsumen. Sayangnya, kami pernah dikecewakan oleh pelayanan asuransi dari ‘PT X’ (menyebut salah satu perusahaan asuransi). Pada satu kesempatan, mereka tidak membolehkan kami mengubah informasi pertanggungan. Padahal jika terjadi sesuatu, mereka pasti akan menolak klaim, dengan alasan informasi pertanggungan tidak sesuai dengan kondisi yang ditemui di lapangan. Karena kecewa, kami sempat memilih untuk tidak berasuransi.

Kami tidak ingin berpandangan general tentang seluruh perusahaan asuransi. Karena itu kami meminta advise Perusahaan ini. Terima kasih sebelumnya.

Jawab :

Terima kasih pula atas kepercayaan Bapak.

Mekanisme dalam perasuransian sebenarnya cukup terstandar. Termasuk berkenaan dengan perubahan kondisi pertanggungan, yang memang wajib dilaporkan oleh Bapak sebagai tertanggung. Tata cara perubahan itu telah dimuat di dalam naskah polis.

Memang sebuah kesalahan, jika perusahaan asuransi justru melakukan penolakan untuk mengubah kondisi pertanggungan sebagaimana kondisi real. Dan sebagaimana yang Bapak sampaikan, justru atas perubahan itu, akan menjadi alasan penolakan klaim.

Sebagai sesama perusahaan asuransi, kami mungkin dapat sedikit merekonstruksi, bahwa penolakan itu mungkin lebih kepada akses dapat diterima atau tidaknya kondisi pertanggungan baru. Ada dua skenario terkait ini :

  1. Perubahan kondisi tersebut berkaitan dengan perubahan terhadap akseptasi pertanggungan. Boleh jadi perubahan terjadi pada fakta material, sehingga pertanggungan tidak dapat dijalankan dengan syarat dan kondisi yang semula disepakati, harus ada adjusment tertentu. Atau bahkan harus dihentikan berdasarkan ketentuan undang-undang. Misal : barang yang akan diangkut diganti menjadi barang tertentu yang ilegal.
  2. Untuk kapasitas dan kondisi tertentu, perubahan harus dimintakan/dicarikan pertanggungan ulangnya (kepada perusahaan reasuransi). Perusahaan asuransi akan menyampaikan kesulitannya, apabila waktu saat penyampaian perubahan tidak memungkinkan perusahaan itu untuk mengatur pertanggungan ulang.

Perusahaan-perusahaan asuransi memiliki kapasitas yang berbeda-beda dalam menutup suatu risiko. Masing-masing mereka tentu menerapkan metode yang berbeda-beda sesuai dengan kapasitas yang dimiliki. 

Mengingat risiko dan volume bisnis Cargo Bapak, kami menyarankan Bapak untuk tetap berasuransi, namun memilih mitra perusahaan asuransi yang memiliki kapasitas lebih besar/lebih baik, sesuai kebutuhan.

Tulis Komentar

Komentar