Sertifikasi agen dibuat tiga level

31 May 2016, 16:01

Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) akan memperluas level sertifikasi Agen Asuransi dari saat ini yang cuma satu level. Ke depan, Agen Asuransi umum akan menjual produk asuransi sesuai level sertifikasinya.

Ketua AAUI Yasril Y. Rasyid mengatakan, saat ini peran Agen Asuransi umum masih belum terlalu familiar ketimbang Agen Asuransi jiwa. Itu sebabnya, kontribusi premi dari Agen Asuransi umum terhadap premi belum terlalu besar. Berangkat dari situ,  AAUI berencana memperluas level sertifikasi agen.

AAUI akan memperluas level sertifikasi dari satu level menjadi tiga level sertifikasi. Kata Yasril, tahapan sertifikasi tersebut terdiri dari sertifikasi untuk agen pemula, agen lanjutan dan agen ahli.

Lewat tahapan sertifikasi agen tersebut, nantinya penjualan produk Agen Asuransi berdasarkan jenisnya. Penyandang sertifikasi pemula hanya dapat menjual produk asuransi mikro. Kemudian, level sertifikasi agen lanjutan bisa menawarkan  produk standar dari asuransi umum. Sedangkan, level sertifikasi ahli memasarkan produk yang lebih kompleks.

Sistem sertifikasi baru ini dapat dilakukan secara online. Dus, ini akan mempersingkat waktu sertifikasi. Agen juga lebih cepat untuk menghimpun premi.

AAUI mencatat, jumlah Agen Asuransi umum tersertifikasi mencapai angka 26.000 agen. Adapun, kontribusi terhadap perolehan premi asuransi hanya sebesar 15%.

Tertinggal dengan jalur broker atau direct marketing.  Semakin banyak Agen Asuransi, harapannya semakin besar sumbangannya.

Askrida | Sumber : http://keuangan.kontan.co.id/news/sertifikasi-agen-dibuat-tiga-level