Sharing Session PRE Bahas Pengusaha dan Profesional Worker

21 Apr 2017, 10:58

Dalam rangka acara tahunan, Pesta Rakyat Ekonomi (PRE) Fakultas Ekonomi (FE) Unand melaksanakan acara Sharing Session dengan menghadirkan empat narasumber dari Ikatan Alumni Fakultas Ekonomi Unand (IKAFE). Empat narasumber tersebut yaitu Budi S. Isman, Abdul Mulki, Sutan Maizon Rusdi, dan Aprison Irsyam yang dimoderatori oleh Chartered Accountant, Teddy Alvonso di Auditorium Unand, Selasa (11/4)

Dalam Sharing Session tersebut, Budi S Isman, CEO Mikro dan Pro Indonesia Foundation mengatakan bahwa kunci orang sukses adalah orang yang memberikan solusi terhadap orang lain. Hal yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha yaitu memiliki teman yang banyak, hobi mencari celah dan melakukan sebuah eksekusi. “Pahami proses bisnis yang ada dan perluaslah wawasan,” ujarnya. Selanjutnya dalam melakukan sebuah bisnis kita harus mencari tahu apa yang dibutuhkan oleh konsumen. “Cari apa yang dibutuhkan konsumen dan berikan solusi untuk konsumen dan jelas target market, siapapun yang ingin sukses, haruslah memiliki tujuan hidup,” tambahnya.

Berkaitan dengan Bisnis, Abdul Mulki, Head of Sharia Divison PT. Asuransi Bangun Askrida mengatakan seorang pebisnis haruslah memiliki jiwa professional worker, dimana dalam dunia kerja hal yang harus dilakukan untuk bekerja adalah mempersiapkan diri. “Pada persiapaan diri, yang perlu diperhatikan adalah attitude, bagaimana menjawab sesuatu hal sesuai dengan pertanyaan dan perusahaan apa yang akan kita butuhkan dan apa yang dibutuhkan oleh sebuah perusahaan,” katanya.

Disisi lain, Eks Investigation/Direktur/Komisaris, Sutan Maizon Rusdi mengatakan bahwasanya seorang mahasiswa harus memiliki karakter untuk masuk dalam dunia pekerjaan. Seorang mahasiswa harus hidup berorganisasi, tidak hanya belajar, tidak hanya mencari IPK tinggi, sebab 10-15% ilmu yang dipakai dalam dunia kerja. Selanjutnya seorang mahasisswa waktunya bukan hanya untuk belajar, tetapi berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan harus menjadi seorang yang introvert. “Orang yang berhasil adalah orang yang mampu membuka diri,” ucapnya. Lebih lanjut ia mengatakan “Anda tidak perlu bekerja, tetapi menciptakan bisnis sendiri”, tambahnya.

Selanjutnya President Director Semen Padang Pension Fund, Aprison Irsyam, juga mengatakan bahwa kunci dari orang sukses yaitu pandai menetapkan tujuan, karena kita bisa jadi siapa dan apa saja. “Seseorang yang ingin sukses harus memiliki daya juang yang tingggi karena dalam bekerja di perusahaan harus memiliki daya juang dan hal yang dibutuhkan dalam dunia kerja harus memperluas link,” tutupnya. (Muthia)Editor: Ulfa

Sumber : gentaandalas.com/sharing-session-pre-bahas-pengusaha-dan-profesional-worker