Stabilitas Keuangan Global Terus Membaik

17 Oct 2017, 14:08

Akumulasi kondisi pemulihan ekonomi yang mulai meluas dan penguatan pasar global telah membuat stabilitas keuangan global terus membaik.

Tobias Adrian, Penasihat Keuangan dan Direktur Departemen Moneter dan Pasar Keuangan IMF mengatakan peningkatan aktivitas ekonomi global – sesuai laporan World Economic Outlook Oktober 2017 – telah memberikan harapan pada keberlanjutan pemulihan.

“Ini memungkinkan untuk melakukan normalisasi kebijakan moneter,” ujarnya dalam konferensi pers sekaligus peluncuran laporan Global Financial Stability bertajuk ‘Is Growth at Risk?’ dalam Rapat Tahunan IMF-World Bank, Rabu (11/10/2017).

Dia mengungkapkan inti dari sistem finansial global sudah lebih kuat. Bank-bank sistemik dan perusahaan asuransi terus memperkuat ketahanannya dengan peningkatan modal hingga penyesuaian model bisnis dengan peraturan dan kondisi pasar yang dinamis.

Selain itu, di pasar negara berkembang, arus modal rebound sehingga ongkos dari pembiayaan (cost of financing) rendah. Pada saat yang bersamaan, nilai tukar mata uang dan harga ekuitas menjadi terapresiasi kuat pada tahun ini.

“Secara global, dukungan kondisi pembiayaan dan penguatan pasar telah membantu mendorong dan memperbaiki neraca,” imbuhnya.

Sumber : finansial.bisnis.com/read/20171012/9/698429/imf-stabilitas-keuangan-global-terus-membaik