Tak Ada Teman Liburan? Berangkat Sendirian Bisa Tetap Fun Dengan Cara Ini

31 Aug 2016, 07:16

Tidak punya pasangan bahkan teman untuk diajak liburan? Kamu masih bisa kok bersenang-senang meski traveling sendirian. Yang kamu perlukan hanya niat, keberanian, dan beberapa hal berikut ini untuk mempersiapkan liburanmu dan memastikan liburanmu tetap menyenangkan!

1. RISET

Seperti halnya liburan bersama pasangan atau teman, kamu harus tentukan dulu ke mana tujuan liburanmu, bagaimana kondisi destinasi wisata yang mau kamu singgahi dan aktivitas apa yang bisa kamu lakukan di sana. Bedanya saat liburan sendirian, kamu tidak perlu berunding atau berkompromi ketika menyusun hal-hal tadi.

Agar perjalananmu lebih nyaman, cari tahu info seputar tujuan wisata kamu lewat internet, atau minta referensi kepada teman yang sudah pernah berkunjung ke sana. Ingin lebih seru? Cobalah minta referensi kepada kenalanmu yang berasal asli dari daerah tujuan wisata. Tanyakan kepada mereka hal-hal otentik apa saja yang harus kamu lakukan di tempat tujuan.

2. RENCANA DAN ANGGARAN

Setelah riset selesai, sekarang saatnya mengatur rencana! Mulai dari rencana pemesanan transportasi darat, laut atau udara yang akan kamu gunakan sampai merencanakan transportasi kamu selama berada di daerah tujuan nanti. Atur juga di mana tempatmu menginap sampai berapa biaya yang harus kamu sisihkan untuk makan dan oleh-oleh. Buatlah itinerary dan anggaran serinci dan sedetail mungkin karena kamu akan bepergian sendirian.

3. PACKING

Ini penting! Kamu berangkat dari rumah ke tujuan wisata seorang diri, sebisa mungkin bawa dan gunakanlah peralatan yang nyaman di segala kondisi. Misalnya, hindari tas jinjing yang menyita salah satu tanganmu, sehingga kamu bisa menggunakannya untuk hal lain yang lebih bermanfaat. Sebaliknya bawalah tas ransel yang nyaman dan memiliki kapasitas lebih banyak.

Untuk pakaian, pilihlah lebih banyak pakaian bewarna gelap untuk dibawa karena bila sewaktu-waktu stok pakaianmu habis, pakaian tersebut bisa digunakan kembali karena warnanya tidak cepat kotor. Bawalah juga peralatan outdoor seperti senter, jaket/sweater, sandal, P3K, serta obat-obatan pribadi untuk antisipasi keadaan darurat. Buat kamu yang berniat mengunjungi destinasi wisata yang rawan kejahatan, sediakanlah wadah untuk memisahkan uang tunai, ATM, dan dokumen-dokumen pribadi.

4. ASURANSI PERJALANAN

Selain keberanian, perencanaan dan perlengkapan, hal terakhir yang juga penting sebelum kamu mulai liburan sendirian adalah asuransi perjalanan. Karena saat liburan, apalagi ke destinasi wisata rawan kejahatan tadi, ada banyak hal yang bisa terjadi. Mulai dari kehilangan barang bawaan, uang atau bahkan dokumen penting, sementara kamu sendirian! Untuk menghindari hal ini, sebaiknya lengkapi dulu perjalanan liburanmu dengan asuransi. Sekarang sudah tersedia banyak paket asuransi perjalanan yang akan melindungi liburanmu baik di destinasi lokal hingga internasional. Misalnya asuransi perjalanan dari askrida.

Lengkap sudah kan persiapan kamu untuk liburan sendirian? Kira-kira ke mana sih tujuan wisata kamu dan destinasi apa saja yang mau kamu kunjungi? Jangan lupa nikmati perjalananmu selama di tempat tujuanya.

askrida | Sumber : biz.kompas.com