Takut Kendaraan Penyok Kesenggol di Jalanan? Ini Tips Memilih Asuransi Mobil yang Pas (part-2)

02 May 2016, 08:48

Kenali dan Pelajari

Sebaiknya setiap pemilik kendaraan mobil memahami pentingnya memiliki asuransi. Selain itu, sarannya, pemilik mobil juga sebaiknya memerhatikan beberapa hal sebelum memutuskan memilih asuransi.

Pada dasarnya berasuransi itu tidak ada yang merugikan. Kuncinya terletak pada kepedulian terhadap perlindungan mobil yang maksimal. Sederhananya, ada harga ada rupa.

Harga sebuah produk asuransi bisa jadi lebih miring dibandingkan asuransi lainnya tetapi sudah dipastikan gigit jari dengan kualitasnya. Oleh karena itu, demi keuntungan dan kepuasan, pemilik mobil harus teliti sebelum membeli.

Ada beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum memutuskan memilih asuransi mobil yang tepat.
Yang pertama, ada bermacam-macam asuransi kendaraan bermotor, jadi hendaknya dikenali lebih jauh, termasuk mempelajari produk yang ditawarkan beserta perlindungan yang diberikan.

Ada beberapa tipe perlindungan yang biasanya ditawarkan antara lain TLO (Total Loss Only) yang hanya menjamin risiko kehilangan kendaraan, komprehensif, serta perluasan jaminan.

Perlindungan komprehensif juga harus dipelajari lebih jauh, apakah bisa menanggung semua risiko atau berapa persen risiko kerusakan yang diganti. “Sementara perluasan jaminan adalah pelayanan lebih yang bisa didapatkan nasabah.”

Yang kedua, pemilik mobil harus mempertimbangkan dan memilih perusahaan asuransi yang memiliki rekam jejak yang bagus.

Mulai dari kredibilitas, pelayanan hingga akses yang akan diberikan kepada konsumen. Selain kemudahan proses saat mendaftarkan asuransi, harus dicek juga bagaimana proses saat klaim.

Kemudian, sejauh mana pelayanan yang diberikan, apakah bisa 24 jam, ada layanan contact center, kemudahan saat klaim dan seberapa luas jaringannya. Sebaiknya semua dipelajari, pemilik mobil juga harus banyak bertanya.

Banyak pemilik mobil yang memilih untuk tidak ambil pusing dan enggan repot-repot saat memilih asuransi.
Sayangnya, modal utama yang diperlukan agar konsumen tahu dan memaksimalkan premi asuransi yang dibayarkan adalah dengan mempelajari produk lebih detail.

Jangan sampai mereka baru sadar ketika ada kejadian yang tak diinginkan dan mendapati proses klaim tak sesuai harapan. Nasabah memang harus banyak bertanya, apa saja yang menjadi hak dan kewajibannya.

1 2 3

Askrida | Sumber :  http://www.tribunnews.com/travel/2015/10/14/takut-kendaraan-penyok-kesenggol-di-jalanan-ini-tips-memilih-asuransi-mobil-yang-pas