Terlibat Kecelakaan Jangan Panik, Sebaiknya Lakukan Hal Ini

24 Jan 2017, 16:53

Terlibat dalam kecelakaan mobil mungkin menjadi salah satu ketakutan orang-orang. Tapi jika hal tersebut menimpa kita, sebaiknya jangan panik dan lakukan hal-hal berikut.

Seperti dilansir Carproof, Minggu (22/1/2017), selalu telepon polisi jika ada yang terluka, adanya tindak kriminal, atau ada kerusakan yang sangat parah.

Pastikan kita dalam kondisi yang aman. Apabila tidak ada sesuatu yang membuat kita harus menelepon polisi, hal pertama yang harus dilakukan adalah menjauh dari daerah bahaya. Jika memungkinkan, pindahkan mobil ke sisi jalan agar tidak menyebabkan kemacetan. Namun bila tidak mungkin, sangat penting untuk menaruh tanda hati-hati agar pengendara lain mengetahui letak mobil kita berada.

Ingat semua yang terjadi. Saat kecelakaan baru berlangsung ingatan kita masih hangat tulis apa yang menjadi penyebab kecelakaan tersebut bisa di ponsel atau kertas dan sebagainya. Buat sketsa di mana posisi mobil, catat waktu dan tanggal, jelaskan kondisi jalan, cuaca atau faktor lain yang berkontribusi terhadap kecelakaan tersebut. Kalau memungkinkan juga sebaiknya mengambil gambar di tempat kejadian lewat ponsel.

Saling tukar informasi jika kecelakaan tersebut melibatkan beberapa pihak, catat identitas mereka. Yang kita butuhkan adalah nama lengkap, alamat, nomor handphone, nomor SIM, dan nomor polisi kendaraan yang bersangkutan, tak lupa asuransi bila memang mobilnya diasuransikan.

Jangan asal menerima jika kita dituduh bersalah dan juga jangan diskusikan penyebab kecelakaan dengan orang yang juga terlibat dalam kecelakaan yang sama. Serahkan hal tersebut ke perusahaan asuransi.

Hubungi perusahaan asuransi. Sebelum kecelakaan mobil terjadi, sebaiknya kita mengetahui prosedur asuransi setelah kita terlibat kecelakaan. Sebisa mungkin jujur mengatakan apa yang terjadi kepada pihak asuransi.

Tidak ada salahnya mengunjungi dokter setelah kecelakaan hanya untuk meyakinkan tidak ada luka akibat kecelakaan. Bisa saja pada saat kejadian tidak luka, namun beberapa hari kemudian baru terasa.

Siapkan semuanya sebelum berkendara mulai dari uang yang cukup, salinan asuransi, kontak yang bisa dihubungi, dan ponsel. (dry/rgr)

askrida | Sumber : oto.detik.com/tips-and-tricks-mobil/d-3402372/terlibat-kecelakaan-jangan-panik-sebaiknya-lakukan-hal-ini