Tim redaksi yang terhormat. Saya adalah pelajar yang tengah merampungkan tugas karya tulis. Kebetulan tulisan kami ini berkaitan dengan asuransi.

17 Jan 2017, 13:54

Bahan-bahan telah saya dapatkan dari internet, termasuk contoh polis. Untuk contoh polis itu, sudah saya kumpulkan Polis Standar Asuransi Kebakaran Indonesia (PSAKI) dan Polis Standar Asuransi Kendaraan Bermotor Indonesia (PSAKBI).

Sebetulnya tema besar tulisan saya akan lebih mengangkat masalah Bencana dan Musibah. Karena itu, bagian yang akan menyangkut asuransi, saya pikir, akan lebih mengarah kepada asuransi kecelakaan terhadap orangnya/Asuransi Jiwa. Saya membutuhkan polis terkait itu. Sayangnya saya belum menemukan Polis Standarnya. Dapatkah Tim Redaksi memberikannya?

Berhubung sangat kami perlukan sebelum bulan Maret 2017 ini, mohon dapat dikirimkan segera.

Terima kasih sebelumnya kepada Tim Redaksi.

Jawaban :

Sebelumnya, perlu kami deskripsikan sedikit tentang betapa gembiranya kami saat menerima surat tertulis Saudara. Maklum, sejauh ini, tim redaksi sudah sangat jarang menerima pertanyaan dalam bentuk surat pos. Meski tidak jarang kami membalas sekaligus dalam dua format (online dan via pos), namun surat-surat yang kami terima itu biasanya dalam bentuk komunikasi elektronik (e-mail). Karena itu, surat Saudara menjadi istimewa. Terlebih mengingat status Saudara sebagai pelajar. Untuk itu kami ucapkan terima kasih.

Sebelumnya perlu kami sampaikan bahwa, berdasarkan UU No. 40 tahun 2014, bidang usaha asuransi Indonesia dibagi menjadi dua, yaitu; 1. Usaha Asuransi Umum dan 2. Usaha Asuransi Jiwa. Masing-masing perusahaan asuransi hanya dapat menyelenggarakan usaha asuransi pada bidangnya saja. Dengan demikian, suatu Perusahaan Asuransi Umum hanya diperkenankan untuk menjual produk-produk asuransi umum saja, seperti Asuransi Kebakaran; Asuransi Kendaraan Bermotor; Asuransi Rangka Kapal dll. Perusahaan Asuransi Umum tidak diperkenankan menjual produk-produk asuransi jiwa, demikian sebaliknya.

Perusahaan kita ini, PT Asuransi Bangun Askrida, adalah salah satu dari Perusahaan Asuransi Umum (Asuransi Umum disebut juga Asuransi General/General Insurance atau Asuransi Kerugian).
Karena batasan spesialisasi di atas, dengan menyesal kami tidak dapat menyampaikan Polis Standar Asuransi Jiwa sebagaimana diminta.

Sebagai gantinya, berkenaan dengan tema Bencana/Musibah  yang sedang dirampungkan, serta keterkaitannya dengan asuransi terhadap manusia, kami sarankan Saudara untuk membahas produk Asuransi Umum yang satu ini. Produk ini menjamin antara lain; risiko kematian, cacad tetap, dan biaya pengobatan terhadap pemegang polis. Jenis asuransi ini dinamakan Asuransi Kecelakaan Diri. Versi Standar Polis Kecelakaan Diri dikeluarkan oleh Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI), dan dapat diunduh di internet.

Sebagai penghargaan atas surat pos Saudara. Telah kami kirimkan cetakan Polis Standar Asuransi Kecelakaan Diri Indonesia via pos. Bersama itu, kami sertakan pula Formulir Surat Permohonan Penutupan Asuransi (SPPA) Kecelakaan Diri. Apabila Saudara berkenan mengisinya, melengkapi copy kartu identitas/kartu pelajar, dan mengirimkannya kembali kepada kami, maka formulir dimaksud sekaligus kami catat sebagai permohonan Saudara untuk menjadi tertanggung Asuransi Kecelakaan Diri di Askrida. Marketing kami telah setuju untuk memberikan pertanggungan senilai Rp 50 juta selama satu tahun, secara Gratis kepada Saudara. Selamat.

Tulis Komentar

Komentar