Tips Sederhana Memilih Asuransi Mobil

31 Jan 2017, 16:59

Memilih Asuransi Mobil, Mempunyai mobil memang memberikan beragam keuntungan bagi pemiliknya. Akan tetapi bukan berarti sang pemilik terbebas dari risiko. Ada banyak hal yang bisa terjadi pada mobil, baik saat digunakan ataupun tidak. Untuk meminimalisir kerugian, biasanya pemilik akan memanfaatkan jasa asuransi kendaraan yang saat ini menjamur di Tanah Air.

Masing-masing perusahaan penyedia asuransi kendaraan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Tidak jarang ada beragam tawaran menggoda yang membuat calon konsumen kebingungan untuk memilih. Jika Anda mengalami hal serupa, jangan terburu-buru memutuskan pilihan. Ada baiknya Anda mengamati profil perusahaan asuransi sehingga Anda merasa aman dan yakin.

1. Kredibel

Pastikan perusahaan asuransi yang Anda pilih dapat dipercaya dan diandalkan. Apabila konsumen memilih produk asuransi kendaraan, periksa apakah perusahaan tersebut memiliki kontak 24 jam. Jangan lupa tanyakan seputar layanan siap sedia seperti mobil derek. Hal ini akan memudahkan Anda saat terjadi masalah saat memakai mobil.

2. Suku cadang asli

Pabrikan mobil biasanya selalu menganjurkan para konsumen untuk menggunakan suku cadang asli. Hal ini dapat Anda terapkan saat mencari perusahaan asuransi. Pastikan bahwa perusahaan berani mengklaim memakai suku cadang asli. Dengan begitu Anda merasa lebih tenang jika mobil mengalami kerusakan dan butuh ganti suku cadang. Di samping itu cek pula bengkel rekanannya, apakah berkualitas atau sebaliknya.

Kemudahan klaim

Banyak pengguna asuransi yang mengeluhkan proses klaim yang sangat lama. Perlu Anda ketahui, proses klaim memang memerlukan waktu, akan tetapi birokrasinya dapat dilakukan dengan sederhana. Alur proses klaim biasanya diawali dari laporan, kunjungan tim survei, pembuktian dan penentuan ganti rugi.

Saluran klaim

Poin terakhir yang bisa Anda pertimbangkan adalah saluran klaim. Apabila semakin banyak maka Anda sebagai pengguna asuransi akan semakin mudah untuk membuat laporan. Cara klaim umumnya dilakukan dengan mengunjungi cabang perusahaan asuransi.

Pertimbangkan apakah lokasinya mudah dihampiri atau tidak. Hindari memilih perusahaan asuransi yang sulit untuk dijangkau. Memilih perusahaan yang menawarkan kemudahan klaim dengan menyediakan aplikasi khusus untuk ponsel ataupun PC bisa menjadi nilai lebih.

Kapan perlu memakai asuransi?

Asuransi merupakan cara untuk memastikan jaminan ganti rugi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada kendaraan kita. Contohnya, seseorang memiliki sepeda motor untuk dipakai berangkat kerja. Jika rusak dan motor tidak dapat dipakai tentu menyulitkan pemilik untuk pergi bekerja.

Begitu juga untuk pemilik pikap yang mempunyai usaha dibidang jasa. Apabila kendaraannya mengalami masalah hal tersebut bisa merugikan pemilik. Di saat seperti itu asuransi diperlukan.

Risiko merupakan pengeluaran tak terduga. Asuransi kendaraan masuk dalam perencanaan keuangan yang mengantisipasi pengeluaran semacam itu. Di samping itu asuransi juga dapat membuat konsumen merasa lebih tenang karena kendaraan terjamin dari kerusakan maupun kehilangan.

Demikian adalah ulasan seputar tips memilih asuransi mobil. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, khususnya yang sedang mencari perusahaan asuransi.

Sumber : indonesiautosblog.com/21926/memilih-asuransi-mobil