Tips Supaya Motor Tidak Mudah Dicuri

09 Aug 2016, 16:51

Bagi Anda pemilik sepeda motor tentu ingin memiliki sepeda motor dengan aman, bahkan berbagai pabrikan sepeda motor di Indonesia memberikan inovasi dalam setiap produknya guna menghindari pencurian sepeda motor.

Namun, meski sudah dibekali dengan berbagai teknologi, pencuri sepeda motor akan terus mencari cara supaya bisa mencuri sepeda motor yang diinginkannya.

Ada tips khusus bagi pemilik sepeda motor untuk menghindari dari tindak kejahatan pencurian. Berikut 6 tips supaya motor tidak mudah dicuri:

Kunci Stang

Jika Anda parkir motor di tempat yang tidak dilengkapi dengan kamera pengintai atau petugas keamanan, jangan lupa kunci stang motor Anda, hal ini memang sepele, bahkan banyak bikers yang sering melupakannya. Pada umumnya pengendara motor sering mengunci stang menghadap ke sebelah kiri. Terdapat hal menarik yang hanya dapat dilakukan oleh motor Anda, yaitu dapat mengunci stang menghadap ke sebelah kanan. Fitur Secure Key Shutter pada motor juga sangat berpengaruh besar untuk mengantisipasi terjadinya kehilangan motor.

Pasang Pengaman Tambahan

Dengan menambahkan pengaman tambahan pada motor Anda, resiko kehilangan motor dari para maling motor akan sedikit berkurang. Hal ini bertujuan untuk membuat repot para maling motor yang sudah mengintai dan mengawasi motor Anda. Pengaman tambahan ini dapat berupa gembok, pastikan ketika akan berkendara kembali untuk melepas pengaman tersebut.

Tempel Stiker atau Tanda “Pengenal”

Ada baiknya motor Anda dipasang stiker pengenal yang berbeda dari motor yang lainnya. Hal ini untuk memudahkan pencarian seandainya motor hilang. Selain untuk memudahkan pencarian, tempelan stiker pengenal ini akan membuat para maling berpikir ulang untuk mencurinya.

Pasang Alarm

Berbahagialah bagi anda yang sudah mempunyai system alarm pada motor Anda atau pasang alarm anti maling sebagai opsi tambahan mengamankan motor dari maling. Pastikan Anda memilih alarm anti maling yang tidak menghilangkan garansi kelistrikan motor.

Amati Keadaan

Seorang pencuri akan melakukan pengawasan dan pengamatan terhadap kendaraan bermotor sekaligus pengendaranya. Sebelum Anda meninggalkan motor lihat dan amati keadaan di sekitar apakah ada hal yang mencurigakan atau tidak, dianjurkan setidaknya setiap 5 menit sekali anda untuk kembali mengamati sepeda motor yang ditinggalkan. Anda tidak perlu bolak – balik untuk melakukannya, cukup dengan mengamatinya dari jarak jauh.

Asuransikan Motor Anda

Untuk asuransi motor ini sebenarnya bukan tips agar motor tidak mudah dicuri akan tetapi bertujuan untuk antisipasi supaya kerugian kehilangan motor dapat tergantikan. Apabila Anda melakukan pembelian secara kredit biasanya sudah termasuk asuransi dari pihak leasingnya, berbeda dengan anda yang melakukan pembelian secara tunai. Pilihlah asuransi yang mudah proses klaimnya serta harganya yang terjangkau.[Jack/Ric]

askrida | Sumber : jackbiker.com