Tips Untuk Menghindari Kerugian Berasuransi

23 Aug 2016, 14:17

Masyarakat Indonesia memang kalah kualitas dalam hal sadar berasuransi! Ini terjadi karena sebagian besar dari mereka menutup mata dan pikiran dari kata “Asuransi“. Padahal kalau ditelaah lebih jauh, program asuransi adalah sebuah jalan bijak yang harus diambil oleh setiap orang yang hidup di dunia ini. Namun, kita tidak boleh menyalahkan masyarakatnya saja, karena kenyataannya banyak orang yang sudah berniat untuk berasuransi dengan menjadi nasabah asuransi, ternyata hanya mendapatkan kerugian saja! Hal ini terjadi karena 3 hal, yaitu perusahaan asuransi yang tidak kredibel, produk asuransi yang tidak tepat, dan agen asuransi yang nakal.

Dari kenyataan yang saya uraikan diatas, ada dorongan dari hati saya untuk memberitahukan sebuah informasi yang penting untuk diketahui oleh setiap orang yang berniat untuk mengikuti asuransi. Informasi yang dimaksud adalah tentang tips untuk menghindari kerugian berasuransi! Silahkan Anda pelajari dan praktekkan agar Anda mendapatkan kelebihan yang lebih terjamin dari program asuransi yang Anda pilih.

Pilihlah perusahaan asuransi yang terpercaya

Di Indonesia ada banyak sekali perusahaan asuransi, baik yang berasal dari luar negeri maupun dari dalam negeri. Tapi diantara semuanya, muncul satu nama yang menjadi sebuah perusahaan asuransi nomor 1 dan paling kredibel. Jadi, tips untuk menghindari kerugian asuransi yang pertama adalah dengan memilih perusahaan asuransi, karena tingkat kepercayaan masyarakat serta jaminan perusahaan sebisa mungkin atau harus lebih dari puluhan tahun dan tetap eksis hingga puluhan tahun mendatang. 

Mengenal riwayat perusahaan. Awali segala hal dengan mengetahui profil dari perusahaan jasa yang akan digunakan, apalagi jika menyangkut investasi semacam asuransi. Gali informasi mendetail mengenai sejarah, perkembangan, dan juga prospek kerja dari perusahaan asuransi yang menawarkan produknya. Pilih perusahaan dengan latar belakang yang terbaik jangan yang hitam ataupun abu-abu sebab menentukan kualitas produk dan layanannya. Mengingat program asuransi akan bisa dirasakan manfaatnya dalam jangka waktu yang lama hingga puluhan tahun yang akan datang, maka keeksisan perusahaan adalah faktor penting yang harus Anda pertimbangkan.

Pilihlah produk asuransi yang tepat

Kerugian kedua yang banyak dialami oleh nasabah asuransi adalah tidak mendapatkan manfaat sesuai dengan kebutuhannya. Sebagai contoh, Pak Ali ingin mendapatkan manfaat investasi dari program asuransi yang diambilnya, tetapi dia malah mengambil produk yang lebih besar ke manfaat asuransinya. Hal itu tentu saja tidak akan sejalan dengan tujuan yang ingin dicapai oleh pak Ali, sehingga dia merasa dirugikan oleh program asuransi yang diikutinya. 

Mengenal ketentuan produk asuransinya. Setiap perusahaan asuransi umumnya menyediakan banyak sekali jenis produk asuransi, dan salah satunya untuk kebakaran. Khusus untuk perlindungan kebakaran di lapangan Kita akan menjumpai asuransi murni dan yang tidak murni. Dikatakan murni jika premi yang dibayarkan sepenuhnya dialihkan untuk kebutuhan asuransi. Sebaliknya untuk kategori non murni jika dana premi dipecah untuk berbagai sektor perlindungan. Pahami produknya baru kemudian menyetujui untuk melakukan pembelian asuransi tersebut.

Oleh karena itu, pastikan Anda memilih produk asuransi yang tepat. Jika Anda tidak memiliki gambaran tentangnya, silahkan melihat produk-produk asuransi yang kami tawarkan seperti : asuransi kebakaran, asuransi kecelakaan diri, dan lain-lain. Untuk berkonsultasi atau meminta informasi tentang produk yang tepat. Kemudian memilihkan produk yang paling tepat dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

Agen asuransi yang nakal

Di setiap perusahaan asuransi, nila setitik ini sudah pasti ada! Sebagai contoh, kemarin salah satu nasabah saya beralih ke asuransi, karena kapok dan merasa dirugikan oleh salah seorang agen telemarketing dari perusahaan asuransi A. Dia merasa dirugikan karena ternyata didaftarkan polis baru yang dia sendiri tidak menyetujuinya. Hal ini diketahui saat melihat mutasi rekeningnya, yang salah satu transaksinya adalah peng-autodebetan sejumlah uang untuk pembayaran polis tersebut.

hal ini kadang terjadi, namun dengan kasus berbeda yang lebih disebabkan oleh tindakan salah atau kekeliruan yang dilakukan oleh agen, misalnya memberikan informasi yang kurang lengkap, memilihkan produk yang kurang sesuai dengan kebutuhan nasabah, dan lain sebagainya. Akan tetapi, Anda jangan langsung menyalahkan perusahaannya, karena bagaimanapun kekeliruan tersebut dilakukan oleh personal.

Mengetahui tata cara klaimnya. Kesalahan dalam memahami tata cara pengajuan klaim bisa menyebabkan asuransi yang dimiliki menguap begitu saja. Sedari awal pahami dengan baik ketentuan yang diberlakukan, terutama untuk proses pengajuan klaim. Kumpulkan segala bentuk transaksi yang terjadi dan berhubungan dengan asuransi yang anda gunakan dan ketika melakukan transaksi persetujuan sebagai nasabah asuransi.

Ketahui rekanan mana saja yang menjadi merchant, ketahui dokumen apa saja yang diperlukan, kemudian jenis kejadian apa saja yang masuk dalam perlindungan. Memahami sejak awal akan memudahkan Kita menemukan asuransi yang sesuai dengan kebutuhan.

Oleh karena itu, tips untuk menghindari kerugian berasuransi selanjutnya adalah dengan memilih agen asuransi yang tepat dan terpercaya, yaitu yang berpengalaman di bidangnya, yang bisa dihubungi kapan pun, serta yang memiliki sifat tanggung jawab dan kejujuran yang bisa diandalkan.

Untuk mendapatkan dukungan dan bantuan dari saya mengenai produk asuransi yang paling tepat untuk Anda, silahkan hubungi kami. Semoga penjelasan tentang tips untuk menghindari kerugian berasuransi diatas bisa bermanfaat untuk Anda. Selamat mencoba. (*ays)

askrida | Sumber : viva.co.id & fruesehat.com