Trik Agar Selalu Untung Ketika Daftar Asuransi Mobil

27 Aug 2015, 09:30

VIVA.co.id - Risiko di jalan tidak bisa ditebak. Apalagi mobilitas sehari-hari Anda menggunakan mobil pribadi. Entah demi kenyamanan maka asuransi kendaraan merupakan hal yang wajib dimiliki. 

Namun, tidak mudah untuk memilih asuransi kendaraan. Banyak yang mungkin ditawarkan, namun belum tentu berikan layanan terbaik. 

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah menetapkan premi tetap untuk tarif premi asuransi kendaraan. Dengan begitu, perusahaan asuransi pun tidak melakukan perang tarif, melainkan layanan perlindungan

Berikut adalah beberapa tips ini untuk membantu memilih jenis asuransi mobil yang Anda butuhkan.

1. Perlindungan yang lengkap

Sebelum memilih asuransi kendaraan, ada dua macam jenis pertanggungan asuransi mobil, yaitu asuransi gabungan dan asuransi kerugian total. Pilihlah yang tepat sesuai kebutuhan. Asuransi gabungan (all risk insurance) adalah tipe asuransi yang akan menjamin kerugian akibat kecelakaan besar, kecelakaan kecil, kehilangan perlengkapan tambahan dengan perusakan, dan kendaraan hilang. 

Sedangkan asuransi kerugian total (total loss only/TLO) merupakan tipe asuransi yang menjamin kerugian akibat kecelakaan dengan kerusakan minimal 75 persen dari harga pertanggungan dan jika kendaraan hilang. 


Asuransi mobil juga menyediakan perluasan pertanggungan asuransi, misalnya tanggung jawab hukum terhadap pihak ketiga dan penumpang, huru-hara, bencana alam, dan lainnya.

2. Bengkel rekanan yang mudah

Setiap perusahaan asuransi mobil selalu memiliki hubungan kerja dengan bengkel rekanan. Saat Anda ingin melakukan klaim, Anda biasanya akan diberikan beberapa pilihan bengkel rekanan oleh pihak asuransi. 

Namun, pastinya Anda tentu tidak ingin bila ternyata bengkel rekanan dari asuransi kendaraan yang Anda miliki sangat sulit untuk dijangkau atau terbatas. Sebab, banyak perusahaan asuransi mengklaim mereka adalah yang terbaik, tapi ternyata mereka sangat sedikit sekali bekerjasama dengan bengkel rekanan yang dapat dijangkau. 


Selain itu, sebelum memasukkan kendaraan ke sebuah bengkel rekanan, cobalah cari tahu atau lihat sendiri tentnag bagaimana cara mereka bekerja serta kualitas pengerjaannya. Dengan demikian, setelah mobil ditinggal di sana untuk diperbaiki, Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya.

3. Ada layanan ekstra

Perusahaan asuransi adalah menjual jasa, maka layanan terbaik merupakan kunci utamanya. Karena itu, beberapa perusahaan asuransi saat ini memberikan dan melengkapi tambahan layanan yang menguntungkan. 

Misalnya layanan pelanggan yang selalu tanyakan kepuasan pelayanan, pelayanan mobil derek 24 jam, mobilpengganti, jasa montir, mobil ambulans dan lain sebagainya, sehingga Anda bisa siap dibantu kapan pun dan di mana pun Anda berada.

4. Klaim terlayani

Seiring dengan peningkatan jumlah populasi mobil dari tahun ke tahun, jumlah perusahaan asuransi yang menawarkan produk asuransi kendaraan juga terus bertambah. Selain membidik calon nasabah perorangan yang memiliki kendaraan secara langsung, mereka juga menggunakan jalur perusahaan pembiayaan (multifinance), bank, agen, atau broker untuk menjajakan produk asuransi mereka.

Satu hal yang harus Anda pastikan sebagai nasabah adalah ketahui ketentuan yang ada dalam polis dan kejelasan tentang hak dan kewajiban Anda sebagai nasabah. Keuntungan gunakan broker adalah Anda dapat dibantu dalam membeli produk asuransi dan didampingi pada saat terjadi klaim, dimana Anda tertanggung sangat awam dengan kondisi dan persyaratan polis asuransi.  
 
Sumber: http://bisnis.news.viva.co.id/news/read/666151-trik-agar-selalu-untung-ketika-daftar-asuransi-mobil