Ungkap Penyebab Kebakaran dengan Jujur! (1)

15 Jan 2019, 16:38

Kebakaran di Crown Toys benar-benar membuat heboh. Salah satu grosir mainan dan kembang api besar di Cakranegara itu jadi pembahasan masyarakat luas. Sebelumnya juga sudah ada banyak kasus kebakaran di Kota Mataram. Lantas menimbulkan perhatian dan keperihatinan banyak pihak.

Secara umum ada dua narasi yang muncul di tengah masyarakat. Menyikapi berbagai kasus kebakaran. Termasuk yang terbaru terjadi di Crown Toys.

Narasi pertama meyakini itu kecelakaan. Tapi ada narasi ke dua yang masih ragu. Lantas meminta penyelidikan lebih lanjut agar penyebab kebakaran yang sesungguhnya benar-benar terungkap.

Sebab, tidak menutup peluang ada keuntungan yang ingin dikejar para pengusaha. Di balik peristiwa itu. “Intinya mari kita serahkan pada aparat kepolisian untuk menelusuri apa penyebab sesungguhnya kebakaran itu,” kata Misban Ratmaji.

Legislator yang membidangi persoalan ekonomi itu melihat. Ada beberapa sekenario yang memungkinkan para pengusaha yang mengalami musibah tidak rugi. Salah satunya jika mereka telah mengasuransikan usahanya.

Nilai kerugian akibat musibah tidak akan diderita. Sebab ditanggung asuransi. Dengan catatan, dari hasil investigasi, kebakaran yang terjadi benar-benar masuk kategori musibah.

“Tapi jangan sebabnya disengaja itu yang disebut moral hazard,” imbuhnya.

Misban menjelaskan moral hazard terjadi ketika seseorang mengambil lebih banyak risiko. Karena ada orang lain yang menanggung biaya dari risiko tersebut. Bagaimanapun, lanjut Misban, tidak ada kebakaran tanpa sebab. Selalu ada sebab.

Sepanjang sebabnya karena hal yang tidak disengaja, maka asuransi penting dan harus. Tetapi pihak asuransi juga perlu mengantisipasi. Jangan sampai ada oknum pengusaha yang cari untung dari musibah.

“Apalagi kebakaran disengaja agar asuransi menanggung kerugiannya itu moral hazard!” tegas legislator PKPI ini.

Lalu dengan gampang mengkambinghitamkan arus pendek. Karena itu disinilah peran dan netralitas kepolisian dalam menyelidiki persoalan. Membuka fakta dari berbagai kejadian kebakaran di Kota Mataram.

“Kita dukung kepolisian mengungkap apa penyebab peristiwa itu dengan sejujur-jujurnya,” ujarnya.

Ini akan jadi pertaruhan nama baik kepolisian. Jika dari hasil kesimpulan penyebab kebakaran masyarakat melihat ada yang janggal.

Tapi Misban yakin kepolisian dapat bekerja dengan profesional dan mengungkap fakta dengan benar dan jujur. “Kalau betul-betul murni accident tentu asuransi harus menanggung itu,” pintanya.

Tapi kalau dari berbagai kejadian kebakaran yang ada, ada diantaranya yang disengaja. Maka asuransi tidak boleh nurut manut saja membayar kerugian yang disengaja. Pengusaha yang melakukan itu paling tidak akan menerima dua risiko yang timbul. Akibat laporan yang tidak sesuai yang dibuatnya.

“Itu masuk dalam penggelapan (dana asuransi) dan pidana karena laporan yang tidak sesuai,” tegasnya.

Untuk membaca kelanjutan artikel ini silahkan klik Ungkap Penyebab Kebakaran dengan Jujur! (2)

Sumber : lombokpost.net/2019/01/05/ungkap-penyebab-kebakaran-dengan-jujur