Walau Rendah, AAUI Optimistis Premi Asuransi Tumbuh 13-15%

16 Oct 2015, 10:05

Metrotvnews.com, Jakarta: Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI) optimistis pertumbuhan premi di tahun ini bisa mengalami pertumbuhan sekitar 13-15 persen. Kendati lebih rendah dibandingkan tahun lalu, setidaknya perolehan premi tetap mengalami pertumbuhan.

"AAUI per semester I memang (pertumbuhan premi) 10-11 persen. Saya optimistis (premi) bisa tumbuh 13-15 persen, walaupun lebih rendah dari tahun lalu," tutur Ketua Asosiasi Asuransi Umum Indonesia (AAUI)‎ Yasril Y Rasyid, saat ditemui dalam acara 'Insurance Day 2015 Asuransi untuk Negeri‎', di Rumah AAJI, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Dia memaparkan, pada semester I-2015 premi tercatat sebesar Rp28 triliun dengan klaim sebesar Rp13 triliun. Pertumbuhan premi tersebut terpantau melambat, sementara klaim terpantau mengalami pertumbuhan.

Oleh karena itu, Yasril berharap, pada semester kedua di akhir tahun ada pertumbuhan premi menjadi 13-15 persen. Keyakinannya tersebut karena proyek-proyek infrastruktur sudah berjalan sehingga diharapkan mendukung pertumbuhan premi.

"Ada relaksasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan ada DP pengurangan. Pada akhirnya meningkatkan (aktivitas bisnis) asuransi," ujar dia.

Dia memaparkan, di tahun lalu pertumbuhan industri asuransi sempat menurun akibat pembiayaan proyek-proyek ditunda ditambah adanya penyerapan anggaran yang baru terealisasi di akhir tahun ini.

"Kemudian ada ‎perlambatan ekonomi sehingga daya beli menurun dan sektor kendaraan terpengaruh. (Premi yang dicatat) AAUI yang terbesar harta benda dan kendaraan. Itu mempengaruhi, kemudian di industri kita di asuransi kesehatan, belum disepakati CoB (juga) terlalu mempengaruhi pertumbuhan premi (asuransi kesehatan) kami," pungkasnya. 
AHL

Sumber: http://ekonomi.metrotvnews.com/read/2015/10/15/441202/walau-rendah-aaui-optimistis-premi-asuransi-tumbuh-13-1