Waspada Perusahaan Asuransi Nakal

03 Feb 2015, 04:20

SLEMAN - Perkara sengketa asuransi sering terjadi ketika perusahaan asuransi enggan membayar klaim dari nasabah atau konsumen. Tetapi bila konsumen atau nasabah telah memenuhi kewajibanya seharusnya klaim diberikan sesuai klausul dalam perjanjian. Untuk itu konsumen diimbau mewaspadai perusahaan asuransi nakal.

Bila perusahaan asuransi tak mau membayar berarti telah melakukan perbuatan melawan hukum. Hal ini yang sering dialami advokat Dwi Priyono SH saat menangani kasus sengketa asuransi.

Seperti yang terjadi pada salah satu kliennya yang mengasuransikan mobil ke salah satu perusahaan asuransi. Tetapi dalam perjalanan waktu mobil tersebut hilang. Dalam perjanjian bila mobil hilang maka pihak asuransi akan memberikan klaim sesuai perjanjian.

“Tetapi ternyata perusahaan asuransi malah mengingkarinya. Klaim tak diberikan dengan alasan kasus yang terjadi bukan pencurian sehingga termasuk pengecualian dalam perjanjian polis asuransi. Perusahaan asuransi menganggap perbuatan tersebut sebagai tindak pidana penggelapan,” ujar Dwi Priyono SH kepada KRjogja.com di PN Sleman, Rabu (4/2/2015).

Padahal nasabah atau konsumen telah melaporkan kasus pencurian dan pelaku telah ditangkap dengan sangkaan pencurian. Bahkan hakim memutus dan menghukum pelaku setelah dinyatakan terbukti melakukan pencurian.

Sehingga melihat putusan tersebut sudah ada kebenaran materiil dan perkara yang dilaporkan telah memiliki kekuatan hukum tetap. Dengan begitu tak ada alasan pihak perusahaan asuransi untuk membayar klaim.

Dengan tak membayarkan klaim, Dwi menilai perusahaan asuransi arogan. Perbuatan tersebut selain sebagai perbuatan melanggar hukum juga telah melanggar UU Perlindungan Konsumen karena nasabah tak mendapatkan kompensasi ganti rugi seperti dalam perjanjian sebagai haknya.

“Di polis sudah jelas, tetapi pelaku usaha melakukan perbuatan melawan hukum dengan mendalihkan bukan pencurian. Pihak  perusahaan gak punya legal standig dengan mengatakan itu penggelapan,” tegasnya.

(Sumber: krjogja.com)